Hari Penerbangan Nasional (First Part)

  السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
و انا رجعت
Assalamu'alaikum Warahmatullahi wabarakatuh...
And I'm Back...

Setelah sekian lama saya tidak mengurusi blog saya, saya akan menghidupkan kembali blog saya dengan coretan coretan yang anggap saja jelas seputar liburan saya. Mumpung libur UN kelas 12. Dan sepertinya 1 tahun kedepan blog ini akan sangat aktif dengan catatan catatan atau pendapat saya tentang sejarah atau yang masih berhubungan dengan sejarah.

Hari ini. adalah hari kedua saya menjalani aktifitas dan kehidupan di kota kelahiran saya yaitu Depok. Dan mungkin sudah kalian duga kalau hari ini kegiatan saya tidak ada apa-apa, hanya diisi dengan bermain laptop dan kepikiran untuk belajar biologi. Ya... hanya kepikiran saja.

Hari ini tanggal 9 April, merupakan hari yang spesial di dunia kedirgantaraan. Hari ini bertepatan dengan Hari Penerbangan Nasional. Banyak yang belum tahu tentang peringatan ini. Memang peringatan ini tidak sepopuler dengan Hari Kemerdekaan Indonesia. Jadi maklumkan sajalah...


Gambar diatas saya ambil dari salah satu situs yaitu web pramuka.or.id (Maklum... belum mahir menggambar digital). Saya pun baru tahu hari penerbangan nasional jatuh pada tanggal 9 April. Awalnya di sekolah saya banyak sekali pesawat yang lewat tapi ketinggiannnya tidak terlalu tinggi, Mungkin bisa dikatakan bahwa itu bukanlah pesawat yang membawa penumpang. Awalnya memang saya tak peduli tapi terganggu juga sih. Kemudian salah satu guru saya membahasnya. Beliau mengatakan bahwa itu adalah latihan untuk hari minggu untuk acara Ulang Tahun **** (Yang dibintangin itu gak jelas ngomong apa, lebih tepatnya saya yang kurang denger). Dan saya pun tertarik bagaimana perayaan hari ulang tahun itu, dan penasaran, ulang tahun siapa yang dirayain pakai pesawat. Karena rasa penasaran saya, saya pun mencari informasi apa yang akan terjadi di hari minggu besok, DAN TERNYATA.....

Yasudah udah tau kan. Nah dihari Sabtu saya juga diajak tante saya pergi ke bandara halim untuk melihat perayaan itu. Sebenarnya saya ingin sekali lihat, tetapi Tuhan berkata lain. Badan saya lemas dan Dia menyuruh saya untuk beristirahat dirumah #abaikan #malahcurhat #alaylagi.

Setiap peringatan pasti mempunyai sejarahnya sendiri. Termasuk Hari Penerbangan Nasional. Mengapa harus 9 April? Pasti punya kejadian tersendiri. Yang saya tangkap dari beberapa artikel dan berbagai sumber yang ada, dunia kedirgantaraan Indonesia saat ini dipegang oleh TNI Angkatan Udara. Sedangkan dalam sejarah TNI, dahulu sebelum nama TNI digunakan ada beberapa perubahan nama yang digunakan dan belum ada spesialisasi seperti AD, AL, maupun AU. Saya rasa, spesialisasi itu terbentuk seiring berkembangnya zaman. Indonesia itu kaya, bisa saja kekayaan itu diambil oleh asing. dan Indonesia berusaha untuk menjaganya dengan adanya spesialisasi TNI (itu sih pendapat saya...). Jadi apa yang terjadi 9 April itu??

71 Tahun yang lalu, diawal kemerdekaan Indonesia, dalam bidang pertahanan dan keamanan negara, Indonesia mempunyai tentara yang dinamanakan BKR atau Badan Keamanan Rakyat yang terbentuk bukan tanggal 9 April. Lho kok bukan?? kalau 9 April terbentuk bukan hari penerbangan dong, kan gak ada terbang-terbangnya sama sekali.

Bersambung ke Part II

Komentar